Senin, 16 September 2019

Pengalaman Memakai KB IUD Nova-T



Haiiii momiiies.. Sebenernya udah lama banget mau sharing soal KB nih. Tapi namanya pake IUD harus diliat dulu dong ya cocok engganya dalam beberapa bulan. Gak bisa doknyeng hari ini pasang, besok langsung ngerasa cocok. Enggak bisa.

Jadi saya memutuskan baru bisa kasih review after 3 months pake kontrasepsi ini. Biar makin yakin ini barang cocok apa engga ke saya. Ujung2nya biar infonya makin akurat aja. 

Seumur hidup, jujur aja saya baru pertama kali ini pasang KB. Apapun bentuknya. Bukannya saya golongan anti KB, tapi dulu murni karena takut aja. Mau pake suntikan, takut dicubles. Kalo pake pil, suka lupa. Mau implan, ngeri bener disayat lengannya. Apalagi IUD, ngebayangin aja udah LINU BANGET TAU GA SIH.

Dibaca ayudi, kontrasepsi yang berbentuk T ini pemasangannya dimasukkan ke dalam rahim. KB ini adalah kontrasepsi yang sangat efektif dan cukup aman. 

Alhamdulillah juga anak kedua saya jaraknya terpaut cukup jauuh, hampir 4 tahun dari anak pertama. Tanpa KB sekalipun. Allah Maha Baik 😊. Saya gak bisa bayangkan kalo kebobolan dengan jarak cuma setahun, bisa budrek ubanan terus karena rempong ngurusin anak.

Berbekal ilmu dan pengalaman saat lahiran anak pertama, saya pun mantab untuk pasang IUD saat operasi caesar saat anak kedua. Awalnya sih, saya ngotot minta steril πŸ˜‚ karena saya udah kapok banget kalo musti nambah anak. Dari awal menikah memang perjanjiannya cuma dua anak cukup. Selain taat aturan pemerintah, saya dan suami sudah memperhitungkan matang2 untuk merawat dan membesarkan anak dengan baik. Saya gak mau punya anak banyak tapi gak keurus, terlantar. Saya sebagai orangtua yang bakal berdosa, dikasih mandat tapi dibiarkan gitu aja.

Dokter kandungan langganan saya jelas2 sangat menolak keinginan saya untuk steril. Dipikir2 sekarang juga masuk akal. Masih muda, usia produktif dan masa depan kita nggak tau. Jadi baiklah saya akhirnya memutuskan untuk pasang IUD yang dianggap mampu mencegah kehamilan hampir 99,7%. Hampir perfect. Karena kesempurnaan hanya milik Allah semata πŸ‘Œ.

Saya sebenarnya tipikal orang yang nggak tahan sakit. Lebay istilahnya. Mau dipasang infus aja harus 5x tusuk karena pembuluh pecah semua. Ngebayangin harus pasang IUD dengan sadar tanpa bius aja saya ga sanggup. Apalagi baca blog2 review yang ngeri2. Makin ndepis dong mental dan keberanian saya. Langsung tiarap πŸ˜‚πŸ˜‚. 

Berhubung saya memutuskan untuk caesar, seperti anak pertama, berarti KB spiral ini bisa dimasukkan langsung seusai kelahiran. Tanpa terasa apapun. Hore! Seneng dong. Saya memakai kb iud nova-T dengan jangka waktu 5 tahun. Kisaran harganya bervariasi sesuai kebijakan rumah sakit. 


Banyak yang bilang untuk tidak pasang spiral saat lahiran karena bisa mlengsle. Hmm.. Sebenarnya anggapan ini gak salah. Logikanya rahim akan terus kontraksi untuk mengecil sampai ke ukuran semula dalam waktu sebulan usai melahirkan. Tapi dokter  meyakinkan saya, semua tergantung yang memasang. Maka dari itu, pastikan kalian pasang IUD di dokter yang terpercaya dan benar2 ahli. Saya harus kontrol setelah seminggu pertama pasca caesar dan KB spiral untuk ngecek apakah ada pergeseran. Yang pasti setelah lahiran kalian gak mungkin dong angkat berat dan aktivitas sibuk dulu. Lakukan yang wajar2 saja. Kontrol kedua dilakukan satu bulan setelah lahiran. Hasil USG untungnya gak ada pergeseran.

Selepas masa nifas usai, saya langsung pendarahan. Dari pagi sampai siang, saya bisa menghabiskan 4 pembalut. Tiap dua jam selalu penuh. Yang bikin saya shock berat adalah... Saya merasakan kedinginan yang luar biasa. Bukan nggeregesi ala masuk angin, bukan. Kedinginan seperti habis hujan2an dan tidak segera ganti baju. 

Seumur2 baru saat itu saya merasakan dingin yang terlalu😭. Saking dinginnya saya sampe menggigil dan otomatis mengucap brrrr.. Brrr.. Terus2an. Memegang hp pun saya gak sanggup. Kaki tangan saya pun dingin luar biasa dan badan saya sakit..sakit semua. Saya minumi paracetamol, sakit di badan hilang tapi tetap kedinginan. Kondisi seperti ini saya alami hampir 3 hari, terus2an dibarengi dengan darah yang keluar terus menerus. 

Saya sempat kontak Dokter, dokter meyakinkan saya bahwa kondisi saya tidak apa2. Saya sedang mengalami efek pemasangan iud dan tubuh sedang adaptasi. Istilahnya ada benda asing yang masuk, maka diri saya sedang berusaha mengenali dan beradaptasi. Selang 3 hari, darah berhenti dan saya tidak kedinginan lagi. 

Waktu itu saya sudah mengeluh kenapa efek KB bisa sesakit itu. Saya pun sudah ada pikiran melepas saat itu juga. Tapi baca2 di blog, banyak yang bilang harus tunggu minimal 3 bulan. Karena spiral adalah kontrasepsi jangka panjang yang baru bisa dirasakan cocok enggaknya setelah pemakaian beberapa bulan. Saya pun sabar menunggu. 

Memasuki pemakaian dua bulan, saya menstruasi. Banyak sekali. Begitu juga di bulan ketiga. Tapi saya sudah tidak merasakan sensasi kedinginan sampe ke relung tubuh lagi. Cukup sekali saja. Selama dua bulan sebelumnya saya juga sering flek tapi memang ini wajar bagi pengguna spiral dalam bulan2 pertama. 

Jadi intinya, tubuh saya mulai bisa menerima ada benda asing di dalam sini. Kontrasepsi paling gak ribet ya spiral ini. Toh saya mending pakai IUD daripada nambah anak. HHAHAHAHAHAHHA YA GAK SIH GAYS?! πŸ˜‚

CATATAN
Setiap orang punya efek berbeda saat memakai kontrasepsi. Ada yang selow2 aja, ada juga yang sedikit bermasalah. Jangan jadikan pengalaman saya ini sebagai alasan kalian takut pasang IUD. Jangan. Lebih baik pakai kontrasepsi daripada los2an terus kebobolan. Susahnya lebih luar biasa. Yekan. Apalagi so far saya pun baik2 saja dan sangat enjoy memakai IUD meski sebulan pertama sangatlah berat. 

Tetap ikuti campaign pemerintah ye. Dua anak cukup. Wis, ojo akeh2 daripada gak kerumatπŸ˜‚. Jujur saja deh, urus anak itu capek lho. Caek fisik capek pikiran. Bayangin kalo tiap tahun nambah anak, etdah kapan liburannya gays? Hidup itu harus seimbang. 

Sampai sini dulu ya reviewnya, nanti kalo ada perubahan pasti saya update lagi. Semangat moms! Ayo pake kontrasepsi! 

- See more at: http://abitalita.blogspot.co.id/2013/09/cara-mengatasi-komentar-google-plus.html#sthash.Njp4Qj8H.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

self (10) #self #mutychico #muty chico (6) fashion blog (3) fashion blogger (3) vintage (3) Lombok (2) Tips (2) amandel (2) artikel (2) bagaimana operasi amandel (2) bali (2) dampak operasi amandel (2) edelweiss photo studio (2) efek samping operasi amandel (2) explore Lombok (2) khas Lombok (2) kuliner Lombok (2) kuliner pedas (2) makanan pedas (2) online shop (2) operasi amandel (2) pasca operasi amandel (2) tonsilektomi (2) tonsilitis (2) #self #mutychico #muty chico #blogging #prewisuda (1) 9gag (1) CLBK (1) DRY DENIM (1) Galaxy (1) Gili trawangan (1) Gwk (1) INDIE (1) JEANS (1) LABBA DENIM (1) LABBADENIM (1) Losmen arthawan (1) Menghadapi pacar yang hobi flirting (1) Note (1) Note 5 (1) Nusa Tenggara Barat (1) STRETCH DENIM (1) Samsung (1) Siesta legian hotel (1) Terbaru. (1) The keranjang bali (1) Tips Ketika Bertemu Si Mantan Tanpa Sengaja (1) arthawan (1) arthawan bali (1) ayam pelecing (1) baby (1) backpacker bali (1) backpacker indonesia (1) backpacker ke bali (1) backpacker low budget (1) bad sleep (1) baegopa (1) baju bekas (1) baju second (1) bali 2018 (1) banana kids club (1) bayi cantik. bayi lucu (1) biaya operasi amandel 2013 (1) biaya operasi amandel 2015 (1) biaya usg 4d di malang (1) body care (1) boot (1) bromo (1) bromo mountain (1) bulubulu (1) casual outfits (1) caterpiller (1) chili (1) coffee (1) cooking (1) docmart (1) dreamcatcher (1) eye care (1) face care (1) fashion (1) fashion adventure (1) featured (1) fish eye lens (1) flatshoes (1) flirting (1) floral vintage (1) flower edition (1) foods (1) foto bayi (1) french sandwich (1) fringe (1) garuda wisnu kencana (1) gaya rambut vintage dengan bunga (1) guitar (1) gwk 2018 (1) hamil ke bali (1) hamil ke gwk (1) hamster (1) hamster bulu (1) hello zebro (1) hotel backpacker di bali (1) hotel murah bali (1) hotel murah di bali (1) hotel ramah anak di bali (1) ibu hamil ke gwk (1) icepasco (1) jaket bulu (1) jaket musim dingin (1) kehamilan (1) kuliner indonesia (1) kuta (1) lebaran (1) liburan ke bali (1) lines (1) mantan (1) mantel bulu (1) married (1) mutia rahma amara (1) muty chico (1) my valentine martina mcbride (1) nasi balap puyung (1) nick jonas (1) nightmare (1) nyeri amandel (1) oleh-oleh bali (1) ombre hair (1) pacar (1) pasar kodok (1) pasar second (1) pet (1) pizza (1) pizza crust (1) platform (1) playground (1) playground malang (1) politics (1) post operasi amandel (1) pudding (1) purple (1) raya kuta (1) rectoverso (1) rent house (1) resep pizza (1) resep pizza sederhana (1) resep roti panggang (1) resep sandwich (1) resep sarapan praktis (1) review babymoon (1) review gwk 2018 (1) review hotel (1) review hotel di bali (1) reza (1) rock mount (1) room (1) roti pizza (1) sabrinaconcert (1) safety shoes (1) sandwich (1) sate bulayak (1) saturday night (1) saus mustard (1) secondhand items (1) self diary (1) sepatu unik (1) shopping online (1) siesta bali (1) siesta legian (1) siseta hotel (1) sleep (1) spicy (1) stripes (1) tabanan (1) tampil gaya dengan berbagai macam boots (1) tattoo (1) tempat oleh-oleh di bali (1) the keranjang (1) thesis (1) thrifting (1) toycam (1) unique fashion (1) usg 4 dimensi di kota malang (1) usg 4d (1) usg 4d malang (1) usg malang (1) usual outfits (1) villa (1) vintage hair (1) wedges (1) weekend (1) white dress (1) wisata di bali (1) women (1)